Saturday, February 25, 2017

Nasihat dalam Kitab Taurot

Wahb bin Munabbih RA berkata: “Dalam Kitab Taurot terdapat 27 nasihat, yaitu:
Hasil gambar untuk nasehat adalah
1.       Barang siapa di dunia ini mempersiapkan perbekalan, maka pada hari kiamat nanti dia akan menjadi kekasih ALLooh.
2.       Barang siapa mampu menahan amarahnya, maka dia akan berada disisi ALLooh.
3.       Barang siapa meninggalkan kecintaan terhadap duniawi, maka pada hari kiamat dia akan selamat (dari siksa ALLooh).
4.       Barang siapa meninggalkan sifat hasud/iri hati, maka pada hari kiamat nanti akan menjadi orang yang terhormat.
5.       Barang siapa meninggalkan cinta kedudukan/ pangkat duniawi, maka pada hari Kiamat ia akan menjadi orang mulia disisi ALLooh Yang Maha Perkasa.
6.       Barang siapa tidak berlebih-lebih (dalam segala hal), maka dia kan menjadi orang yang mendapat kenikmatan bersama orang-orang yang berbakti.
7.       Barang siapa meningggalkan permusuhan di dunia, maka pada hari kiamat nanti dia termasuk golongan orang-orang sukses.
8.       Barang siapa meninggalkan kebakhilan di dunia, maka dia akan disebut-sebut namanya ditengah manusia (pada hari kiamat).
9.       Barang siapa meninggalakan kesenangan duniawi, maka pada hari Kiamat kelak dia akan mempenroleh kebahagiaan.
10.   Barang siapa meninggalkan hal-hal yang diharamkan, maka pada hari kiamat dia akan bertetangga dengan para nabi.
11.   Barang siapa meninggalakan penglihatan yang haram, maka ALLooh akan memberikan kegembiraaan pada kedua matanya kelak di dalam surga. Barang siapa meninggalakan kekayaan duniawi serta memiliki kefakiran, maka ALLooh akan membangkitkan dia pada hari Kiamat bersama para wali dan para nabi.
12.   Barang siapa suka memenuhi kebutuhan manusia semasa di dunianya, maka ALLooh akan mencukupi kebutuhannya di dunia dan di Akhirat.
13.   Barang siapa ingin dukuburnya nanti mendapat kenyamanan, maka hendaknya ia mau bangun tengah malam untuk bermelakukan sholat Sunnah meskipiun hanya 2 rakaat.
14.   Barang siapa ingin berada dibawah naungan ‘Arsy ALLooh, maka hendaknya dia hidup zuhud.
15.   Barang siapa ingin hisab amalnya mudah, maka hendaknya ia suka menasihati dirinya sendiri dan saudara-saudaranya.
16.   Barang siapa ingin dukunjungi oleh para malaikat, maka hendaknya dia hidup wara’.
17.   Barang siapa ingin berada di tengah-tengah surga, maka hendaknya dia berdzikir kepada ALLooh siang Malam.
18.   Barang siapa ingin masuk surga tanpa hisab, maka hendanya dia bertobat kepada ALLooh dengan taubat Nasuha.
19.   Barang siapa ingin menjadi orang kaya, maka hendaknya ia selalu senang dengan apa yang diberikan ALLooh kepadanya, baik berupa harta benda, kedudukan, maupun lainnya.
20.   Barang siapa ingin pandai dalam urusan agamanya, maka hendaknya ia mau menerima kebenaran dari siapapun datangnya.
21.   Barang siapa ingin menjadi seorang yang bijak, maka hendaknya dia menjadi seorang yang berlimu.
22.   Barang siapa ingin aman dari gangguan manusia, maka hendaknya tidak mencertakan kejelekan orang lain, juga hendaknya merenungi dirinya, dari apa dan untuk siapa dan dia diciptakan ALLooh.
23.   Barang siapa ingin memperoleh kemuliaan di dunia dan di Akhirat, maka hendaknya mengutamakan urusan akhirat di atas kepentingan duniawi.
24.   Barang siapa ingin masuk surga Firdaus dan bias merasakan kenikmatan yang abadi, maka hendaknya umurnya tidak dihabiskan untuk berbuat maksiat.
25.   Barang siapa ingin memperoleh surga di dunia dan di akhirat, maka hendaknya dia menjadi orang yang banyak memberi, Karena orang yang banyak memberi itu dekat dengan surga dan jauh dari neraka.
26.   Barang siapa hatinya ingin disinari cahaya yang sempurna oleh ALLooh, maka hendaknya dua sering bertafakkur dan mengingat mati.

27.   Barang siapa ingi memiliki diri yang sabar, lisan yang sering berdzikir, dan hati yang khusyu’, maka hendaknya dia sering memohon ampunan kepada ALLooh untuk kaum mukminin-mukminat dan muslimin-muslimat.

0 comments:

Post a Comment