Thursday, December 21, 2017

Iman Kepada Hari Akhir

materi pendidikan agama islam tentang kiamatKita semua percaya dan yakin kepada ALLooh dan kedatangan hari akhir, yaitu hari dimana bumi menjadi gempa, gunung-gunung bertabrakan, laut tumbuh ke darat, planet-planet keluar dari garis edarnya, manusia-manusia beterbangan bagaikan anai-anai yang dihembus angin. Saat itu berakhirlah kehidupan dunia dan berganti dengan kehidupan akhirat.
                Siapa saja yang beramal sholih akan diselamatkan oleh ALLooh dari kedahsyatan padang mahsyar dan diberikan kepadanya pahala yang besar berupa surga dengan berbagai kenikmatan yang ada di dalamnya.
                Sedangkan orang yang durhaka dan kafir kepada ALLooh, maka ALLooh akan mencampakkannya dan tidak memperdulikan keadaannya karena sewaktu di dunia mereka pun tidak peduli kepada ajaran ALLooh, mereka akan menerima azab yang dahsyat berupa neraka dengan segala macam siksa dan penderitaan yang ada di dalamnya, mereka tinggal untuk selama-lamanya.
                ALLooh SWT berfirman:
“Dan disempurnakan bagi tiap-tiap jiwa (balasan) apa yang telah dikerjakannya dan DIA lebih mengetahui tentang apa yang mereka kerjakan. Orang-orang kafir dibawa ke neraka berombongan, sehingga setelah mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan para penjaganya berkata kepada mereka: “Apakah belum pernah datang kepada kalian rosul-rosul diantara kalian yang membacakan ayat-ayat Tuhan kepada kalian dan memperingatkan kalian akan pertemuan dengan hari ini (hari kiamat yang mereka dustakan sewaktu mereka hidup di dunia)? Mereka menjawab: “Benar (telah datang)”. Tetapi telah pasti berlaku ketetapan adzab terhadap orang-orang yang kafir.”
                Dikatakan kepada mereka: “Masukilah pintu-pintu neraka itu, kalian kekal di dalamnya.” Maka neraka jahanam itupun seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri.
                Dan orang-orang yang bertaqwa kepad Tuhan, dibawa ke surga berombongan pula, sehingga ketika mereka sampai ke surga itu, sedangkan pintu-pintunya telah terbuka dan para penjaganya berkata kepada mereka: “Semoga kesejahteraan selalu terlimpahkan kepada kalian, berbahagialah kalian. Maka masukilah surga ini, kalian kekal di dalamnya (untuk selama-lamanya).”
                Dan mereka mengucap: “Segala puji bagi ALLooh yang telah memenuhi janjinya kepada kami dan telah memberikan kami tempat ini, sedangkan kami diperkenankan menempati tempat dalam surga di manapun kami kehendaki. Maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal.”
                Wahai Saudaraku….
Iman kepada hari akhir merupakan rukun iman yang kelima. Ini berarti bahwa orang yang percaya kepada ALLooh, para malaikatNYA, kitab-kitabNYA, nabi-nabiNYA, namun ia ingkar terhadap hari akhir, maka berarti ia belum menyempurnakan imannya.
                Iman adalah masalah hati, sehingga keberadaannya tidak dapat diketahui oleh orang lain kecuali ALLooh. Oleh sebab itu banyak orang yang mengaku sebagai orang yang beriman, namun di dalam hatinya masih mengingkarinya.
                ALLooh SWT berfirman:
“Dan diantara manusia ada yang mengatakan: ‘Aku beriman kepada ALLooh dan hari akhir, padahal mereka tidak beriman.’”
                Wahai Saudaraku….
                Mengapa ALLooh membuat kiamat dan apa perlunya?
                Hari kiamat adalah hari berakhirnya kegiatan dunia dan berawalnya kehidupan akhirat yang mana yang patut untuk masuk surga dan yang pantas untuk masuk neraka dengan pengadilan yang seadil-adilnya, karena pada waktu itu mulut manusia yang penuh dusta akan ditutup oleh ALLooh dan tangan-tangan merekalah yang akan menjawab semua pertanyaan dari ALLooh.
                ALLooh SWT berfirman dalam QS. Yasin ayat 65:
“Dan pada hari ini Kami tutup mulut mereka, dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.”
                Dan firmanNYA yang lain dalam QS. Al-Isroo’ ayat 13:
“Dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. Dan Kami keluarkan baginya pada hari kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka.”
                Wahai Saudaraku………………..
                Demikianlah kedahsyatan hari kiamat dan begitu juga keadilan ALLooh Yang Maha Adil. Tidak ada sesuatu perbuatan manusia sekecil dzar-rohpun yang lepas dari keadilan ALLooh. Barangsiapa yang berbuat kebaikan akan dibalas ALLooh dengan kebaikan pula, dan sebaliknya barangsiapa yang berbuat kejahatan akan dibalas kejahatan pula.
                Semoga kita dilindungi oleh ALLooh dari kedahsyatan dan ketakutan pada hari kiamat. Aamiiin

WALLOOHU A’LAM BISH SHOWAAB

0 comments:

Post a Comment