Friday, December 2, 2016

Keutamaan Bulan Robi’ul Awwal

                Bulan Robi’ul Awwal merupakan bulan yang sangat mulia bagi kaum muslimin. Di bulan inilah terlahir seorang yang sangat dibanggakan dan dicintai oelh ummat Islam di seluruh dunia.

Hasil gambar untuk Keutamaan Bulan Rabiul Awal                Beliau membawa wahyu ALLOOH SWT untuk menyelamatkan ummatnya dari kegelapan dunia menuju ke jalan yang terang benderang sebagai bekal untuk ke akhirat nanti. Belaiulah RosuuluLLooh Muchammad SAW. Seorang yang sangat menyayangi ummatnya hingga di akhir hayatnya pun mengucapkan “Ummatku…ummatku…” Beliaulah satu-satunya yang dapat memberi syafa’at kepada manusia di hari yang sangat berat itu.

                Di bulan inilah Rosul kita Muchammad SAW dilahirkan, akan tetapi mungkin terlintas dalam pikiran kita sebuah pertanyaan: “Mengapa RosuuluLLooh SAW tidak dilahirkan di bulan lain? Mengapa tidak dilahirkan di bulan lain seperti Romadhoon, di mana ALLOOH SWT menurunkan Al-Qur’an dan dihiasi dengan Lailatul Qodar? Atau di salah satu dari bulan-bulan charom lainnya seperti Dzulchijjah, Dzulqo’dah, Mucharrom, atau Rojab yang telah diagungkan oleh ALLOOH SWT di mana di situ diciptakan langit dan juga bumi? Atau di bulan Sya’ban di mana di situ terdapat malam mishfu sya’ban? Mengapa dilahirkan di hari senin bulan Robi’ul Awwal?

                RosuuluLLooh SW di hari senin tanggal dua belas Robi’ul Awwal bukanlah suatu kebetulan atau tanpa hikmah dan faidah tertentu. Akan tetapi di situlah terdapat hikmah tersendiri yang jika seorang muslim meyakininya, niscaya akan menambah kecintaannya kepada beliau. Hikmah tersebut adalah

                Pertama, di sebuah hadits disebutkan bahwa “ALLOOH SWT menciptakan pepohonan di hari senin.” Hadits ini merupakan peringatan yang sangat mulia bagi ummat Islam yaitu: “ALLOOH menciptakan bahan makanan, Rizki, buah-buahan dan kebaikan-kebaikan yang dengan itu anak Adam berkembang biak dan bertahan hidup serta membuat hatinya senang melihatnya, adalah agar mereka lega dan tenang untuk mendapatkan sesuatu yang membuatnya hidup sesuai dengan hikmah ALLOOH SWT. Maka dengan lahirnya RosuuluLLooh SAW di hari itu adalah sebagai keceriaan dan kebahagiaan untuk semua dan tidak diragukan lagi bahwa hari senin adalah hari yang penuh barokah dan menjadi barokah karena kelahiran seorang Rosuul SAW yang mulia. Beliau SAW telah ditanya tentang hari ini kemudian menjawab: “Hari itu adalah hari di mana aku dilahirkan.”

Hasil gambar untuk Keutamaan Bulan Rabiul Awal                Kedua, lahirnya RosuuluLLooh SAW di bulan Robii’ul Awwal merupakan isyarat yang sangat jelas bagi orang yang cerdas dan mengerti tentang asal mula kalimat Roobi’, yaitu bahwa dalam kalimat tersebut terdapat makna optimis atas datangnya sang pembawa kabar gembira bagi ummatnya. Syaikh Abdur Rochman Ash-Shoqli mengatakan: “Setiap nama seseorang mempunyai peran dalam kehidupannya, baik dalam segi perorangan atau yang lain. Di Fashl Arrobi’ Bumi mengeluarkan semua isinya dari berbagai nikmat-nikmat ALLOOH SWT serta Rizki-rizki NYA yang di situ terdapat kemaslahatan seorang hamba, dan dengan itu seorang hamba bisa bertahan hidup, serta di situlah kehidupan mereka terbelahlah biji-bijian, serta berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang telah ditentukan di situ, sehingga orang yang memandangnya menjadi senang dan keadannya-lah yang memberikan kabar gembira akan kedatangan waktu masak dan memetiknya. Di sini terdapat isyarat yang sangat agung atas mulainya berbagai nikmat ALLOOH SWT.

                Maka kelahiran Nabi Muchammad SAW di bulan ini adalah sebagai isyarat yang sangat nyata dari Sang Pencipta agar kita mengagungkan dan memujinya karena ketinggian martabat Rosuul SAW. Di mana beliau SAW adalah sebagai pembawa kabar gembira bagi semua yang ada di alam semesta, serta Rochmat bagi mereka dari berbagai kehancuran dan ketakutan di dunia dan di akhirat. Sebagian dari Rochmat ALLOOH SWT yang paling agung yaitu anugerah ALLOOH SWT kepada RosuuluLLooh SAW untuk memberikan hidayah bagi ummat Islam menuju jalan yang lurus. Sebagaimana dalam firman ALLOOH SWT
Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” [QS. Asy-Syuroo’: 52]

                Ketiga, tidakkah kita melihat bahwa Muslim Arrobi adalah muslim yang paling stabil dan paling bagus, karena di situ tidak ada dingin yang sangat menganggu dan tidak juga panas yang membikin gelisah, di siang dan malamnya tidak terlalu lama. Akan tetapi semua seimbang dan stabil. Dia adalah muslim yang terbebas dari penyakit-penyakit seperti di musim gugur, panas, dan dingin. Akan tetapi manusia menjadi segar dan bergairah di musim ini, sehingga malamnya menjadi waktu yang sangat tepat untuk bertahajud, dan siangnya untuk berpuasa. Hal tersebut menyerupai keadaan syari’at Islam yang tengah-tengah serta memudahkan bagi ummatnya.

                Keempat, ALLOOH SWT telah berkehendak untuk menjadikan mulia berbagai tempat dan waktu dengan adanya Nabi, bukannya menjadikan mulia Nabi dengan adanya tempat dan waktu. Maka tempat dan waktu inilah yang mendapatkan kemuliaan serta keutamaan dan keistimewaan yang sangat besar dengan kedatangannya Nabi Muchammad SAW.

                Memang benar, karena jikalau RosuuluLLooh SAW dilahirkan di bulan Romadhoon contohnya atau di bulan-bulan charom lainnya atau di bulan Sya’ban yang berbarokah; niscaya orang akan menyangka bahwa Nabi menjadi mulia dikarenakan beliau dilahirkan di bulan-bulan tersebut, karena keistimewaan dan keunggulannya dari bulan-bulan lainnya. Akan tetapi ALLOOH SWT Yang Maha Adil telah berkehendak untuk melahirkan baginda Rosuul SAW di bulan Robii’ul Awwal, agar bulan ini menjadi mulia dan tampak bersinar terang. Dalam sebuah syair dikatakan: “Karenamu wahai Nabi Muchammad SAW, ALLOOH SWT memberi kabar gembira kepada langit hingga diapun berhias, dan karenamulah, debu-debu kotor menjadi berbau minyak misik.” “Hari di mana dalam keadaan bingung di sebuah zaman, sorenya menjadi terang, dikarenakan datangnya Nabi Muchammad SAW.”

                Di bulan ini setiap Muslim disunnahkan untuk memperbanyak sholawat serta salam untuk RosuuluLLooh SAW. Karena di bulan yang mulia ini telah tampak kebaikan yang merata kepada seluruh alam, telah tampak pula kebahagiaan orang-orang yang paling bahagia dengan terbitnya bulan penerang bumi, yaitu lahirnya Nabi Muchammad SAW di dunia ini, dengan lahirnya RosuuluLLooh di bulan ini, dikenanglah bulan Roobi’ul Awwal sebagai hari yang paling penting bagi ummat Islam, oleh karena itu bulan ini dijadikan sebagai hari berkumpulnya ummat Islam untuk mendengarkan kisah kelahiran Rosuulul Islam yang sangat mulia, agar mereka memperoleh barokah dan keutamaan yang suci sehingga barokah RosuuluLLooh SAW pun menyelimuti hati mereka, sehingga membuat hati mereka tenteram dan tenang. WALLOOHU A’LAM

0 comments:

Post a Comment