Friday, December 2, 2016

Masjid Tertua di Sumatera Barat

Hasil gambar untuk Masjid Tuo Kayu Jao
                Tahukah Anda masjid tertua yang ada di Sumatera Barat? Masjid Raya Gantiang? Benar tapi masih kurang tepat karena ia adalah masjid tertua di Kota Padang. Ternyata jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Masjid Tuo Kayu Jao yang berada di Kanagarian Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Konon katanya masjid ini adalah masjid tertua kedua di Indonesia dan berdiri sekitar tahun 1599.

                Masjid ini memiliki 27 tiang yang memiliki maknya yaitu 24 tiang berasal dari 6 suku yang memiliki 4 buah unsur pemerintahan adat sedangkan 3 tiang lagi merupakan unsur-unsur agama yaitu Imam, Khotib dan bilal. Untuk jendelanya terdapat 13 buah yang menandakan jumlah dari sukun sholat.

                Pada awalnya masjid ini dibangun tanpa menggunakan paku namun setelah adanya pemugaran pada beberapa bagian kayu harus di paku namun meski telah mengalami beberapa kali pemugaran bentuk dan keaslian masjid ini masih sangat terjaga.


                Meski terlihat sepi namun ternyata masjid ini telah banyak yang mengunjunginya di daftar buku tamu kita bisa melihat pengunjung yang datang berasal dari berbagai daerah tidak hanya dari Sumatera Barat saja. Di malam hari juga ramai apalagi saat bulan Romadhoon, banyak jamaa’ah dari Padang, Solok dan daerah lain yang datang dengan maksud I’tikaf.

0 comments:

Post a Comment