Saturday, January 7, 2017

Tatkala Unta Mulai Dipikirkan

1.       KEPALA YANG TERLINDUNGI DARI PASIR
a.      Bulu mata unta memiliki sistem berpautan. Tatkala ada bahaya, bulu-bulu mata ini secara otomatis menutup. Bulu-bulu mata yang berpautan ini mencegah masuknya butiran-butiran debu memasuki mata unta.

b.      Hidung dan telinga unta tertutupi oleh rambut-rambut panjang untuk melindunginya dari pasir dan debu.
c.       Leher yang panjang memungkinkan unta mencapai dan memakan dedaunan yang terletak beberapa meter di atas permukaan tanah. 

2.       KAKI YANG SESUAI UNTUK SEGALA JENIS DARATAN
Hasil gambar untuk al ghasyiyah ayat 17
a.       Kaki unta terdiri dari jari-jemari yang tersambungkan dengan telapak yang lentur. Bentuk dan susunan ini, yang memungkinkannya menapak kokoh pada permukaan tanah, terdiri dari empat gumpalan berlemak. Ini benar-benar sesuai untuk segala jenis keadaan tanah.
b.      Kuku-kuku kaki unta melindungi kaki dari kerusakan yang mungkin terjadi akibat sandungan.
c.       Seluruh lutut unta tertutupi oleh risa (lapisan kulit tebal), yang tersusun atas kulit setebal dan sekeras tanduk. Ketika unta berbaring di atas permukaan pasir panas, lapisan kulit tebal ini melindunginya dari luka akibat permukaan tanah yang sangat panas.

3.       PUNUK SEBAGAI SIMPANAN CADANGAN MAKANAN
Hasil gambar untuk al ghasyiyah ayat 17Punuk unta, yang berupa timbunan lemak, menyediakan zat makanan bagi unta secara berkala saat paceklik dan kelaparan. Dengan perangkat ini, unta mampu bertahan hidup tiga minggu tanpa air, hingga kehilangan 33% bobot badannya. Pada keadaan yang sama, manusia akan kehilangan 8% berat tubuhnya dan mati dalam waktu 36 jam, tanpa sedikit pun air tersisa dalam tubuhnya.

4.       WOL PELINDUNG PANAS DAN DINGIN
Wol ini terdiri dari rambut lebat dan bertautan yang tak hanya melindungi tubuh unta dari dingin yang membeku atau panas yang membakar, tetapi juga mencegah hilangnya air dari dalam tubuhnya. Unta Dromedary mampu memperlambat proses berkeringat dengan menaikkan suhu tubuhnya hingga 41°C. Hal ini mencegah kehilangan air. Dengan wolnya yang tebal, unta di Asia mampu bertahan hidup hingga suhu +50°C di musim panas dan hingga -50°C di musim dingin.


“Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan?” [QS. Al Ghoosyiyah, 88: 17]

0 comments:

Post a Comment