Friday, October 7, 2016

Tradisi Jum’at Pahingan, Temanggung Jawa Tengah

Acara ini diselenggarakan setiap malam jum’at pahing dan selalu ramai massa. Bukan hanya karena kehadiran pengunjung tetapi juga puluhan pendatang. Mulai dari penjaja makanan khas seperti brongkos kikil hingga mainan anak-anak.

Hasil gambar untuk Tradisi Jumat Paingan, Temanggung Jawa TengahRitual dimulai dari masjid Jami’ Desa Menggoro, Kecamatan Tembarak. Mujahadah, baik secara perorangan maupun kelompok, dilakukan oleh wisatawan dengan minat khusus ini. Banyak pengunjung yang dating dari Wonosobo, Kendal, Magelang, Semarang, Surakarta, bahkan dari Jakarta dan beberapa kota di Jawa Barat dan Jawa Timur. Masjid Menggoro sudah ada sejak masa pertumbuhan Islam di Jawa sehingga dapat dikatakan sebagai salah satu dari Sembilan masjid tertua di Tanah Jawa.

Masjid Menggoro itu sampai kini masih berdiri kokoh dan menjadi pusat kegiatan tradisi Jum’at Pahingan. Ribuan pengunjung dipastikan hadir untuk ngalab berkah di masjid lalu mengucapkan nazar dan akan kembali tiap malam Jum’at Pahing sampai cita-cita terkabul. Ada juga kepercayaan bahwa siapapun yang berhasil memeluk saka (tiang) Masjid Menggoro sampai menyentuh pundaknya, maka atas izin ALLOOH SWT semua keinginannya bakal terkabul.

0 comments:

Post a Comment