Friday, October 7, 2016

Tradisi A’dinging-dinging

Hasil gambar untuk Tradisi A’dinging-dingingKabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan8 A’dinging-dinging adalah pesta ritual tahunan yang juga sebagai perayaan hari ulang tahun kampung yang dijumpai pada Dusun Tenro Bontolempangan Kecamatan Buki. Dilaksanakan secara turun-temurun setiap bulan Mucharrom sejak ratusan tahun yang lalu sampai sekarang. Proses ritual ini berlangsung dengan kegiatan antara lain ziarah ke makam leluhur, ritual tolak bala’, mengambil air suci.

Pelaksanaannya diawali dengan ritual Songkabala (tolak bala’), dilaksanakan pada hari ke-10 bulan Mucharrom. Puncak acara dilaksanakan pada hari Senin terakhir di Bulan Mucharrom. Namun tiga hari sebelumnya, yaitu pada Jum’at, Sabtu dan Ahad dilaksanakan kegiatan yang dinamakan Anrajo-rajo (ziaroh ke makam leluhur) pada sore hari.

Prosesi pengambilan air suci dilaksanakan di hari ahad sebelum dilaksanakan proses anrajo-rajo. Setelah semua kendi terisi dengan air suci, mereka berjalan kaki kembali ke rumah di mana air suci tersebut akan disimpan. Pada puncak acara, semua yang hadir siram-menyiram sebagai pertanda gembira. Uniknya meskipun cuara cerah, namun setelah proses A’dinging-dinging biasanya di tempat selalu hujan walaupun tidak deras.

0 comments:

Post a Comment