Thursday, November 15, 2018

Muchammad Lahir Membawa Agama Yang Benar

Hasil gambar untuk Muchammad Lahir Membawa Agama Yang BenarPada bulan ini kita masih berada dalam masa  diliputi oleh suasana khidmat, memperingati dalam hati kita masing-masing satu masa yang amat penting dalam sejarah hidup, kehidupan dan penghidupan manusia sepanjang masa. Sebab perkembangan ummat manusia pada umumnya dan ummat Islam pada khususnya, bertitik tolak dari lahirnya seorang pemimpin dunia, yaitu Nabi Muchammad SAW. Tepatnya dalam sejarah dicatat pada tanggal 12 Robii’ul Awwal, hari senin, bertepatan dengan 20 April 517M, bertepatan pula tahun pertama, tahun Gajah.

Setiap pribadi muslim mencatat sejarah ini dengan sebutan yang umum dengan Maulid Nabi. Kelahiran beliau ini merupakan nikmat yang besar bagi ummat seluruh alam. Meskipun beliau dilahirkan di Tanah Arab, Mekkah, namun risalahnya tidak terbatas bagi bangsa Arab saja, akan tetapi meliputi seluruh alam. Sedang syariat yang beliau bawa pun untuk mengatur kehidupan manusia.

Sejarah telah menyingkapkan perbandingan antara keadaan sebelum Islam menyinari dunia dan sesudah Islam dianut sebagai agama yang memimpin manusia untuk memiliki harga diri dan berakhlak, hidup secara benar dan adil, punya martabat hingga kepada zaman kita ini. Nabi Muchammad SAW adalah penyalur tunggal nikmat iman dan islam.

Beliau lahir menjadi Rosul untuk membawakan Rochmah bagi seluruh ummat manusia, tanpa beda warna kulit, daerah dan suku di mana saja mereka mendiami bumi ini, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Anbiyaa ayat 107:
“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) Rochmah bagi semesta alam.”

Nabi Muchammad SAW diutus oleh ALLooh untuk seluruh bangsa di dunia dengan menjalankan pimpinan dan petunjuk dari ALLooh Yang Maha Esa. Beliau adalah manusia biasa, tidak untuk disembah, namun ia dijadikan Rosul ALLooh untuk diikuti dan dipatuhi semua ajaran yang dibawanya. ALLooh berfirman dalam surah An-Nisaa ayat 64:
“Dan Kami tidak mengutus seorang Rosul, melainkan untuk ditaati dengan seizing ALLooh.”

Agama Islam yang dibawa Nabi Muchammad SAW adalah mengandung kelengkapan dan keutamaan. Agama ini berisikan ajaran yang lengkap, mengatasi dan memelihara ajaran dan pimpinan agama-agama sebelumnya. Di dalamnya terdapat unsur-unsur pendidikan, pimpinan yang sesuai, serasi dan selaras dengan kecerdasan dan peradaban manusia, yang senantiasa meningkat maju dalam perputaran masa ke masa. Sebagaimana firman ALLooh dalam surah Ash-Shoff ayat 9:
“Dia-lah yang mengutus Rosul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar. Dia menenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang-orang musyrik benci.”

Dari ayat di atas menunjukkan, bahwa kerosulan Nabi Muchammad adalah benar. Beliau membela dan menunjukkan kebenaran, yaitu kebenaran yang datang dari Tuhan.

Sifat-sifat yang melekat pada pribadi beliau antara lain adalah adil dan jujur, sehingga yang ditegakkan dan dibela di tengah masyarakat adalah keadilan dan kejujuran. Hal ini terbukti, bahwa pengikut beliau tidak pernah dikecewakan oleh sifat adil dan jujurnya. Budi dan akhlak membuat lawan dan kawan bertekuk lutut untuk mengakui kenyataan-kenyataan ajarannya.

Dengan kenyataan sejarah yang tidak bisa disangkal lagi akan kebenaran agama yang dibawanya, hendaknya peringatan Maulid Nabi ini, diisi dengan bakti dan amal sebagaimana dicontohkan dan diajarkan beliau dalam menunaikan risalah dari ALLooh.

Di antara ajaran beliau harus kita ikuti ialah membina kehidupan dunia yang penuh kemaslahatan dan kebahagiaan serta mempersiapkan bekal kebahagiaan hidup di akhirat, sebagaimana terungkap dalam sabdanya:
“Perbaikilah (keadaan) duniamu dan bekerjalah untuk akhiratmu seolah-olah engkau akan mati esok pagi.” [HR. Imam Ad-Dailamiy]

Dari hadits di atas dapat diambil kesimpulan, bahwa Islam adalah perjuangan dan pengabdian, berjuang, bekerja dan berbuat untuk kebahagiaan di dunia yang didasari pengabdian yang ikhlas kepada ALLooh SWT sebagai Dzat yang mengatur alam seisinya, sehingga kita senantiasa memperoleh perlindungan dan petunjuk-Nya. Jika yang demikian itu telah kita buktikan dalam kiprah hidup sehari-hari, tidak mustahil keridhoan ALLooh jualah yang akan kita peroleh dan berbahagialah hidup kita di dunia dan akhirat. Aamiin.

Semoga tulisan ini, akan mengetok hati kita untuk kembali kepada jalan yang digariskan oleh RosuuluLLooh SAW. Semoga ALLooh senantiasa memberikan kesempatan-kesempatan hidup ini bagi kita untuk menegakkan iman dan islam. RosuuluLLooh telah menjadikan iman sebagai kekuatan untuk membina pribadi yang kuat dalam menghadapi tantangan-tantangan dan meletakkan taqwa sebagai penyanggah yang kokoh untuk membina pribadi muslim yang kuat, untuk dapat mengakhiri hidup ini dan kembali kepada ALLooh siap memberikan pertanggung jawaban sebagai muslim sejati. Semoga kita termasuk golongan orang-orang mukmin dan muslim yang sempurna. Muslim yang benar-benar dibina oleh keimanan, muslim yang berbuat sesuai akidahnya, dan berkata benar dalam kehidupan sosialnya.

Begitulah RosuuluLLooh SAW mengangkat masyarakat ummat manusia kepada hidup yang terhormat. Berbudi luhur dan menjadi suri teladan dalam kepribadian, perilaku dan perbuatannya. Beliau pembawa risalah untuk semua ummat manusia.

0 comments:

Post a Comment