Saturday, February 4, 2017

Pupuk dari Langit

Selain menyirami bumi, air hujan juga berperan menyuburkan tanah. Butiran air hujan yang membentuk awan, yang berasal dari penguapan air laut, mengandung bahan-bahan "pemberi kehidupan" yang berwujud butiran-butiran mikro, dan disebut sebagai "butiran tegangan permukaan".

Hasil gambar untuk air hujan
Butiran tegangan permukaan terbentuk di lapisan tipis bagian paling atas permukaan air laut. Lapisan berukuran kurang dari sepersepuluh milimeter ini dinamakan lapisan mikro oleh para ahli biologi. Pada lapisan terdapat banyak sisa-sisa bahan organik dari sampah yang dihasilkan oleh ganggang renik dan zooplankton. Sebagian bahan sisa ini mampu memilah, mengumpulkan dan mengikat sejumlah unsur langka dalam air laut – seperti fosfor, magnesium, potasium – dan sejumlah logam berat - seperti tembaga, seng, kobal dan timbal -. Proses ini menghasilkan butiran-butiran tegangan permukaan yang kaya akan zat penyubur tanah atau "pupuk".

Butiran ini selanjutnya terangkat ke langit oleh angin, dan beberapa saat kemudian terperangkap dalam tetesan air hujan yang mengenainya. Hujan itu lalu membawa butiran yang kaya pupuk ini ke tanah. Benih dan tumbuhan di bumi mendapatkan garam-garam logam dan unsur penting bagi pertumbuhannya dari butiran air hujan ini.

MAHA SUCI ALLOOH, Tuhan Yang Maha Pemurah

0 comments:

Post a Comment