Tuesday, February 7, 2017

Empat Sifat Wajib Nabi

Setiap orang mukalaf wajib mengimani, bahwa ALLOOH memiliki nabi-nabi yang diutus dan mengimani serta mengetahui sifat-sifat yang wajib mereka miliki,yang berjumlah empat sifat yaitu:
1. Fathonah, artinya kecerdasan, kecerdikan, dan kefasihan lidah. Jadi, para rosul ALLOOH itu pasti cerdas, cakap, pintar sehingga mereka tidak pernah pusing dalam menjawab pertanyaan orang yang bertanya atau orang yang menentangnya dengan hujah yang jelas.

Hasil gambar untuk empat sifat wajib bagi rasul2. Ash Shidqu, artinya jujur, benar, tidak berbohong. Jadi, rosul ALLOOH itu selalu memberi kabar, sesuai dengan kenyataan. Mereka pasti jujur dan benar, baik dalam ucapan maupun tindakannya. Sebab, andaikata mereka itu tidak jujur atau berdusta, tentu petunjuk yang mereka bawa itu berubah menjadi penyesatan.

3. Tabligh, artinya menyampaikan. Jadi, para rosul ALLOOH itu selalu menyampaikan kepada manusia, apa saja yang diperintahkan oleh ALLOOH SWT. Andaikata para rosul itu merahasiakan apa yang diperintahkan oleh ALLOOH, maka hikmah mereka diutus tidak ada gunanya.

4. Al-Amanah, artinya keterpeliharaan dari perbuatan maksiat. Jadi, dengan sifat ini para rosul ALLOOH itu selalu terpelihara dari perbuatan-perbuatan maksiat dan segala perbuatan yang menyebabkan orang-orang menjauhinya.

Catatan:
Hasil gambar untuk nabi dan rasulNabi ialah seorang laki-laki yang merdeka, yang diberi wahyu oleh ALLOOH SWT, tetapi tidak diperintahkan untuk menyampaikan kepada ummatnya.
Rosul ialah seorang laki-laki yang diberi wahyu oleh ALLOOH SWT dan diperintahkan menyampaikannya kepada ummatnya.


Nabi dan Rosul itu pasti seorang laki-laki.

ALLOOH SWT berfirman:

“Kami tiada mengutus rosul-rosul sebelum kamu (Muchammad), melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka.”

0 comments:

Post a Comment