Tuesday, February 7, 2017

Laron

Laron, termasuk ke dalam salah satu jenis serangga yang keluar pada awal musim hujan. Nama lain dari hewan ini adalah anai-anai atau rayap.  Ciri fisik rayap menyerupai semut, dengan tubuh yang lebih lunak dan pinggang lebih besar. Biasanya serangga ini akan bermunculan pada senja dan malam hari. Kebiasaannya adalah mengerubuti lampu di dalam rumah dan tempat-tempat yang terang. Hal ini dilakukan untuk mencari kehangatan.

Hasil gambar untuk Laron
Saat memasuki rumah, jumlahnya sangat banyak, bahkan bisa mencapai ribuan. Hal ini membuat rumah menjadi kotor, karena sayap-sayapnya yang bertaburan di lantai. Jadi salah satu cara mengusir serangga ini adalah dengan mematikan lampu dan meletakkan sebaskom air di tengah ruangan.


Rayap memiliki tiga kasta (level perkembangan): kasta reproduktif, kasta prajurit, dan kasta pekerja. Laron merupakan salah satu fase dewasa dari kasta reproduktif. Ia akan menjadi raja dan ratu pada koloni rayap. Laron tumbuh dari telur. Sayap laron berkembang agar laron bisa terbang mencari pasangan kawinnya. Setelah kawin, sayap laron tanggal karena tidak diperlukan lagi. Mereka mulai membangun sarang dan menetaskan telur-telur sehingga membentuk koloni baru.

0 comments:

Post a Comment