Tuesday, February 7, 2017

Sembilan Keturunan Setan

Sayyidina 'Umar bin Khoththob RA berkata:
"Sesungguhnya anak keturunan setan itu ada sembilan, yaitu:
1.      Zallitun
2.      Watsiin
3.      Laquus
4.      A'waan
5.      Haffaaf
6.      Murroh
7.      Masuuth
8.      Daasim dan
9.      Walhaan"

Setan Zaliitun kerjanya menggoda penghuni pasar dalam transaksi jual-beli dengan menyuruh untuk melakukan kedustaan, penipuan, memuji-muji barang dagangan, mencurangi timbangan/ takaran, dan bersumpah palsu. Disebut juga 'Zallanbur', dalam kamus disebutkan bahwa kerjanya 
menceraikan antara seorang suami dan istrinya.
Hasil gambar untuk Sembilan Keturunan SetanSetan Watsiin kerjanya menggoda manusia yang tertimpa musibah agar tidak bersabar sehingga yang bersangkutan berteriak histeris, menampar-nampar pipi, dan sebagainya. Dalam riwayat lain dikatakan bahwa setan yang menggoda manusia yang tertimpa musibah agar tidak bersabar namanya bukan Watsiin melainkan Tabr.

Setan A'waan kerjanya menggoda para penguasa untuk bertindak dzholim.

Setan Haffaaf kerjanya membujuk dan menggoda orang untuk meneguk minuman keras.

Setan Murroh kerjanya menggoda orang agar asyik bermain seruling atau alat musik beserta nyanyiannya.

Setan Laquus kerjanya menggoda orang untuk menyembah api. Disebut juga setan Laqiis,ada yang mengatakan bahwa  setan Laqiis dan setan Walhaan kerjanya menggoda manusia ketika bersesuci dan mengerjakan sholat. Namun ada juga yang mengatakan bahwa tugas ketika setan (Laquus, Laqiis dan Walhaan) ini digantikan oleh ketiga setan berikut, yaitu: A'war, yang kerjanya menggoda manusia agar melakukan zina; Wasnaan kerjanya menggoda manusia sewaktu tidur agar merasa berat untuk bangun dan malas untuk mengerjakan sholat atau amal sholeh lainnya; dan Abyadh yang kerjanya menggoda para nabi dan para wali ALLOOH.

Setan Masuuth kerjanya menyebarkan berita-berita dusta lewat lisan manusia sehingga tidak bisa diketemukan berita yang sebenarnya. Setan yang kerjanya menggoda manusia supaya menyebarkan berita dusta namanya bukan Masuuth, melainkan Mathuun.
Hasil gambar untuk setan dasim
Setan Daasim kerjanya berada di dalam rumah. Jika seseorang tidak mengucapkan salam sewaktu memasuki rumahnya dan tidak pernah menyebut nama ALLOOH di dalamnya, maka setan tersebut akan menimbulkan perselisihan sehingga akan terjadi tholaq, khulu', dan pemukualan. Singkatnya, setan ini selalu ingin menciptakan ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Setan ini kerjanya juga menggoda manusia sewaktu makan. Dia akan ikut makan jika seseorang tidak berdoa sebelum makan. Setan ini juga akan menyelinap dalam lipatan atau saku pakaiannya jika sewaktu memakainya seseorang tidak menyebut nama ALLOOH.

Setan Walhaan kerjanya menggoda dan mengacaukan  manusia dalam berwudhu', sholat, dan dalam ibadah-ibadah yang lain. Menggodanya dalam hal menghambur-hamburkan air.

Adapun setan yang menggoda manusia sewaktu mengerjakan sholat namanya Khonzab.


0 comments:

Post a Comment