Wednesday, December 28, 2016

Makam Sunan Gunung Jati, Wisata Religi di Cirebon

                Sunan Gunung Jati adalah salah satu di antara sembilan orang penyebar agama Islam terkemuka di pulau Jawa, atau yang lebih dikenal dengan sebutan wali songo. Bila ditarik garis keturunannya maka silsilah sebelum Sunan Gunung Jati akan sampai kepada Nabi Muchammad SAW melalui cucu Nabi SAW yang bernama Imam Chusain RA. Beliau pernah menjadi raja di Kasultanan Cirebon, bahkan sebagai sultan pertama Kasultanan Cirebon yang dulunya bernama Keraton Pakungwati.

Hasil gambar untuk Makam Sunan Gunung Jati, Wisata Religi di Cirebon
                Kawasan Makam Sunan Gunung Jati terdiri dari dua kompleks makam. Yang utama ialah Kompleks Makam Sunan Gunung Jati di Gunung Sembung terdiri dari sekitar 500 makam, letaknya di sebelah barat Jalan Raya Cirebon-Karangampel-Indramayu. Yang satu lagi yakni Kompleks Makam Syaikh Dathul Kahfi di Gunung Jati, berada di timur jalan raya. Menuju makam Sunan Gunung Jati kami melintasi jalan setapak berkelok, berpapasan dengan banyak pengemis segala usia, melewati rumah penduduk yang cukup rapat dan sebuah Masjid yang merupakan bagian dari kompleks makam.


                Bangunan makam Sunan Gunung Jati memiliki gaya arsitektur yang unik, yaitu kombinasi gaya arsitektur Jawa, Arab, dan Cina. Arsitektur Jawa terdapat pada atap bangunan yang berbentuk limasan. Arsitektur Cina tampak pada desain interior dinding makam yang penuh dengan hiasan keramik dan porselin. Sedangkan arsitektur Timur Tengah terletak pada hiasan kaligrafi yang terukir pada dinding dan bangunan makam itu. MaasyaaALLOOH

0 comments:

Post a Comment