Thursday, December 8, 2016

Grebeg Maulud di Yogyakarta

                Setiap peringatan Maulid Nabi SAW tiba yaitu tanggal 12 Robii’ul Awwal, di sejumlah daerah biasanya akan diadakan acara-acara untuk memperingati Maulid Nabi Muchammad SAW ini. Begitupun di Daerah Istimewa Yogyakarta, di sana terdapat sebuah acara peringatan Maulid Nabi SAW yang disebut dengan Grebeg Maulud.

Hasil gambar                Grebeg Maulud ini merupakan puncak peringatan Maulid Nabi SAW dengan diadakannya sebuah upacara adat. Pada esok pagi harinya, perangkat gamelan Kyai Guntur Madu dan Kayi Nogowilogo akan dimasukkan kembali ke dalam Keraton Yogyakarta. Hal ini disebut dengan istilah “Bendhol Songsong”. Dalam upacara ini, iringan pegunungan akan dibawa ke Masjid Agung lalu akan dilakukan doa serta upacara persembahan kepada ALLOOH SWT. Sebagian dari gunungan ini akan dibagikan kepada masyarakat umum dengan cara diperebutkan.

                
Dalam perebutan ini, semua warga yang menghadiri upacara akan saling berebut bagian-bagian yang ada dalam gunungan. Bagian-bagian gunungan ini dipercaya akan menjadi berkah yang bisa mewujudkan doa atau keinginannya. Selain Grebeg Maulud, ada juga Grebeg Syawal yang dilakukan setiap tanggal 1 bulan Syawal. Satu lagi adalah Grebeg Besar atau Grebeg Suro yang diadakan setiap tanggal 10 bulan Besar.

0 comments:

Post a Comment