Sunday, August 7, 2016

Tradisi Perayaan Yaaqowiyyu, Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten

Jum’at siang, ribuan orang memadati lapangan di dekat Masjid Agung Jatinom Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten untuk berebut kue apem yang disebar, yaa qowiyyu yang dirayakan pada setiap hari Jumat ba’da sholat Jum’at di pertengahan bulan Sapar ini telah ada sejak zaman sejarah Kyai Ageng Gribig.

Pada mulanya, Kyai Ageng Gribig ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Sewaktu berada di Mekkah beliau mendapat apem 3 buah yang masih hangat, kemudian dibawa pulang untuk anak cucunya, ternyata sampai di Jatinom apem tersebut masih hangat. Dengan bersabda “APEM YAA QOWIYYU” artinya kata yaa qowiyyu itu ialah Tuhan Mohon Kekuatan. Berhubung apem buah tangan itu tidak mencukupi untuk anak cucunya, maka Nyai Ageng Gribih diminta membuatkan lagi.


Kyai Ageng Gribig juga meminta kepada orang-orang Jatinom; di bulan Sapar, agar merelakan harta bendanya sekedar untuk zakat kepada sesama yang datang (tamu). Oleh karena orang-orang semua tahu bahwa Nyai Ageng Gribig sedekah apem, maka kini penduduk Jatinom ikut-ikutan sama membawa apem untuk selamatan. Sekarang ini orang-orang Jatinom membawa apem untuk diserahkan ke Panitia Penyebaran Apem, dan sesudah sholat Jum’at disebarkan di lapangan.

0 comments:

Post a Comment