Thursday, June 30, 2016

Tradisi Takbir Keliling di Jepara

Hari raya ‘Idul Fitri bagi ummat Islam di manapun mereka berada adalah hari yang istimewa dan spesial sehingga kedatangannya disambut dengan kemeriahan di mana-mana, di gang-gang sempit, rumah reot bahkan sampai rumah mewah menyambutnya dengan penuh kegembiraan.

Tidak ketinggalan pula kemeriahan yang dilakukan oleh warga pesisir Jepara, sehingga meskipun hari raya kurang satu minggu merekapun mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut hari yang mulia itu. Seperti halnya warga desa Karang sari Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara ini, setiap malam hari raya seluruh warga menyambutnya dengan takbiran keliling kampung dengan mengarak mascot musholla dengan berbagai bentuk yang setiap tahunnya selalu berganti-ganti. Mascot yang mereka arak biasanya mascot yang berbentuk masjid, kapal laut, kapal terbang sampai dengan berbagai macam hewan seperti ikan, udang, serigala sampai dengan kalajengking.


Tradisi yang sudah menjadi kebiasaan warga Karang sari dalam rangka menyambut hari raya ‘Idul Fitri ini, dengan membuat mascot yang diarak keliling kampung, setiap musholla membuat satu yang kemudian diarak seluruh jamaa’ah, dan seluruh warga masyarakat yang merayakannya. Tidak ketinggalan pula kemeriahan kembang api dan petasan yang selalu mewarnai keindahan pada malam hari raya ‘Idul Fitri.

0 comments:

Post a Comment