Thursday, January 10, 2019

Jadikan Sabar Sebagai Penolongmu


Kesabaran itu bukanlah suatu sikap jiwa yang hanya menerima dengan begitu saja terhadap setiap kenyataan yang dihadapi, melainkan suatu usaha yang gigih dan ulet di dalam mengatasi berbagai kesulitan. Karena itulah ALLooh selalu menyertai terhadap orang-orang yang sabar dengan berbagai pertolongan. Sebagaimana dalam firman-Nya surah Al-Anfaal ayat 46:
“Sesungguhnya ALLooh beserta orang-orang yang sabar.”

Sebagai orang mukmin hendaknya membina diri atau berusaha untuk dapat menjadi orang yang sabar. Baik sabar dalam menjalankan perintah-perintah ALLooh dan menjauhi larangan-larangan-Nya, atau sabar dalam menerima dan menghadapi segala bentuk musibah yang menimpa kita semua.

Di dalam hidup ini, kita sering menjumpai bermacam-macam problema, suka-duka, bahagia dan derita, lega hati dan kecewa silih berganti. Sehat dan sakit, senyum dan air mata datang dan pergi. Semua itu menuntut kekuatan mental yang kokoh, sebab tanpa kekuatan itu kita akan terombang-ambingkan oleh tipu daya setan.

Dalam mengabdikan diri kepada ALLooh di saat melaksanakan perintah-perintah-Nya, atau di kala meninggalkan larangan-larangan-Nya, dan di waktu menerima cobaan dari-Nya, hendaklah kita perlihatkan sifat kesabaran. Kita tunjukkan keikhlasan hati karena ALLooh semata-mata. Dalam surah Al-Kahfi ayat 28 ALLooh SWT berfirman:
“Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhoaan-Nya.”

Di dalam mengarungi samudera hidup dan kehidupan yang penuh persoalan, sebagai muslim hendaknya kita senantiasa menunjukkan kesabaran sebagai pertahanan rohani, benteng batiniah, sebab kita yakin kesabaran itulah yang dapat melepaskan dari rasa keputus-asaan.

Kita bekerja untuk urusan dunia, kita beramal untuk akhirat hendaknya dengan penuh kesabaran. Begitu pula dalam menerima ujian ALLooh. Sebab berbuat kesabaran dalam segala situasi dan kondisi itu telah dijanjikan oleh ALLooh dengan kebahagiaan dan kemenangan. ALLooh SWT berfirman sebagaimana tersebut dalam surah Ali Imron ayat 200:
“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertaqwalah kepada ALLooh supaya kamu beruntung.”

Firman-Nya yang lain dalam surah Al-Baqoroh ayat 45:
“Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

Dari ayat-ayat di atas dapat diperoleh suatu pelajaran, bahwa memohon pertolongan kepada ALLooh SWT dengan sabar dan berusaha sekuat tenaga serta melaksanakan amal ibadah nyata seperti melaksanakan sholat dengan benar. Sebab, sabar tanpa ibadah atau tanpa sholat tidak akan berarti, sedang ibadah tanpa sabar tak akan berbekas.

Begitu pula dalam menerima cobaan ALLooh, janganlah kita mengeluh dan putus asa, sebab cobaan itu merupakan bukti kecintaan ALLooh terhadap hamba-hamba-Nya.

Kita menyadari, taka da keberhasilan tanpa jerih payah, taka da kebahagiaan tanpa penderitaan, baik penderitaan lahiriah maupun batiniah yang harus kita hadapi dengan sabar, karena di balik itu ALLooh menjanjikan kemudahan dan kegembiraan. Sebagaimana dalam firman-Nya surah Alam Nasyrah ayat 6:
“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Sabar adalah sifat mulia dan disukai ALLooh SWT dengan kesabaran tak akan menjadi lemah jiwa seseorang dalam menghadapi musibah. Juga dengan kesabaran tak akan patah semangat oleh kesulitan. Kesabaran adalah bukti serta ukuran keimanan dan ketaqwaan seseorang. ALLooh SWT berfirman dalam surah Ali Imron ayat 146:
“Dan berapa banyaknya nabi berpegang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertaqwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan ALLooh, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). ALLooh menyukai orang-orang yang sabar.”

Tegasnya, sabar dapat kita bagi dalam tiga hal, yaitu sabar dalam mengerjakan perintah ALLooh, sabar dalam meninggalkan larangan ALLooh dan sabar dalam menghadapi musibah atau cobaan ALLooh. Jadi, nyatalah bahwa sabar adalah sifat utama. Dengan sabar kita akan memperoleh kemenangan, keberhasilan dan kemudahan. Juga terhapusnya beberapa kesalahan.

Kita tidak dibenarkan mengeluh dan berputus asa, sebab mustahil tumbuh-tumbuhan yang baru ditanam akan segera berbuah. Begitu pula dengan ibadah, doa atau amalan-amalan lainnya tidaklah begitu saja dibalas oleh ALLooh, melainkan berjangka. Dalam jangka itulah ALLooh akan menilai kekhusyukan, keikhlasan, tujuan dan kesabarannya. Jika kita ikhlas karena ALLooh, sabar dan hanya sekali mengerjakannya pasti ALLooh akan memberi pahala dan mengabulkan hajat kita.

Oleh sebab itu, marilah kita tunjukkan kesabaran dalam menghadapi semua persoalan hidup dan kehidupan. Marilah kita tingkatkan ibadah kepada ALLooh, amal-amal sholeh, juga marilah kita tinggalkan segala larangan ALLooh lebih jauh lagi, yang kesemuanya dilaksanakan penuh dengan kesabaran. Kita hadapi cobaan ALLooh dengan ikhlas, tabah serta memperbanyak syukur. InsyaaALLooh kemudahan akan kita peroleh dan kebahagiaan akan kita rasakan.


1 comment:

  1. Youtube vimeo vimeo.com
    YouTube vimeo is an easy to use application for youtube mp3 your favourite online content. Vimeo Streams Videos, Highlights, Videos, Vip Events & More.

    ReplyDelete