Saturday, November 12, 2016

Biografi Singkat Al-Imam Al-Chaddad

                Beliau adalah Imam besar, Al-Quthb yang masyhur. Al ‘Allamah Al-Chabiib AbduLLooh bin Alawiy bin Muchammad Al Chusainiy Al-Hadromiy Asy-Syafi’I yang terkenal dengan sebutan Al-Chaddad.
Hasil gambar untuk Al-Imam Al-haddad                Al Chabiib AbduLLooh Al-Chaddad dilahirkan di Sabir di pedalaman Hadromaut, tahun 1044 H. Beliau tumbuh besar di situ dan kehilangan penglihatannya disebabkan penyakit cacar ketika masih kecil. Beliau tekun menghafalkan Al-Qur’an. Kemudian beliau menuntut ilmu hingga menjadi pandai dan menguasainya. Di samping itu, beliau adalah seorang yang shoolich dan serta banyak beribadah dan mengajar, mengarang dan membimbing serta menyeru kepada ALLOOH Ta’aala. Banyak orang mendapat manfaat darinya. Al Chabiib AbduLLooh Al-Chaddad adalah seorang yang bagus tutur katanya, fasih perkataannya, banyak penjelasannya, alim yang peneliti, shufi yang bersih hatinya, ahli mengenail chal ichwal manusia dan watak-watak manusia di zaman itu.

Kaum Yafi’I penguasa Tarim, telah menindasnya sehingga dia pindah ke Al-Haawi dan tinggal di sana hingga wafat tahun 1132 H. beliau meninggalkan banyak karangan ilmiah yang berharga, di antaranya “An-Nashoo’ichud Diniyyah, Ad-Da’wah At-Tammah, At-Tadzkiroh, Risalah Al-Mu’awanah wal Muazaroh Lir Rooghibiin fil akhiroh, Al Fushul Al-Ilmiyyah Al-Chikam, Ithoof As-Saail bi Ajwibatil Masail. Risalah Aadaab Sulukil Murid, wirid-wirid dan Rotib yang tersohor di berbagai negeri, fatwa-fatwa yang banyak dan Tabshirotul Waliyyibi Thoriqotis Saadah Bani Alawiy. Muridnya Achmad bin Abdul Karim As-Syajjar Al Chasaniy telah mengumpulkan sebagian halaman dalam kumpulan tulisan yang dinamakannya  “Tatsbit Al Fuad”


                Beliau mempunyai kajian-kajian yang lengkap atas kitab-kitab Hujjatul Islam Al-Ghozali dan beliau telah menimba ilmu dari ratanya yang sedap dan nyaman. Semoga ALLOOH meridhoi keduanya.

0 comments:

Post a Comment