Tuesday, May 17, 2016

TEMPAT TINGGAL RAHASIA DI DALAM LAUT: KARANG

Saudara mungkin menganggap bahwa batu karang hanyalah setumpuk bebatuan beraneka warna. Namun, saudara keliru karena karang adalah makhluq hidup. Bermiliar karang hidup bersama, saling melekatkan diri dengan cairan khusus yang dihasilkan oleh tubuhnya sendiri, dan menghadirkan bentuk yang mirip bebatuan.

Sisa-sisa karang mati mengeras bagai kapur dan menjadi sarang-sarang karang pada akhirnya. Sarang-sarang ini menjadi tempat tinggal banyak makhluq. Semua jenis ikan yang tinggal di dalam batu karang memiliki ciri-ciri khusus. Misalnya, ikan yang berburu di siang hari, seperti angelfish, bersembunyi di bagian-bagian yang tenang dan terpencil serta menghilang ke celah-celah karang saat matahari terbenam. Ketam-ketam dan udang-udang kecil menempel di karang untuk memangsa tanaman dan hewan renik.


Dan Dia (menundukkan) pula apa yang Dia ciptakan untuk kamu di bumi ini dalam bentuk makhluq yang beragam macamnya. Sesungguhnya pada hal seperti itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan ALLOOH) bagi kaum yang mengambil pelajaran. Dan Dia-lah, ALLOOH Yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan darinya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai, dan kamu melihat bahwa berlayar padanya, supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-NYA, dan supaya kamu bersyukur.” [QS. An Nahl ayat 13-14]

0 comments:

Post a Comment